Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Raga

Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Raga

Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Raga

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]--> Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga. Menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dengan beragam cara. Bila mentalmu sehat, kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik, menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain, serta lebih produktif dalam belajar atau bekerja.


Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), seseorang bisa disebut sehat secara mental, apabila ia mampu menyadari kemampuannya, menangani stres dalam kehidupan sehari-harinya, bekerja dengan produktif, serta berkontribusi untuk lingkungan sekitarnya. memiliki kondisi mental dan pemikiran yang sehat adalah amunisi bagi tubuh agar terhindar dari penyakit.


Di bawah ini adalah panduan umum yang bisa kamu ikuti untuk menjaga kesehatan mental:


1. Hargai diri sendiri


Biasakanlah untuk memperlakukan dan melihat diri sendiri dengan positif, mulai dengan menghargai dirimu sendiri terlebih dahulu.


Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia, misalnya dengan meluangkan waktu untuk hobi dan me time dengan melakukan perawatan spa wellness. Bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi dalam hidupmu dan hindari terlalu banyak menyalahkan diri sendiri dan membandingkan dirimu dengan orang lain.


2. Kelola stres dengan baik


Suka atau tidak, stres adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari, sehingga hal ini hampir tidak mungkin untuk dihindari. Kamu harus bisa belajar untuk mengelola stres dengan baik.


Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres antara lain dengan berjalan santai di luar ruangan, menonton film, mendengarkan lagu, dan menulis kejadian sehari-hari di buku harian, melakukan perawatan spa wellness.


3. Akui perasaan dan emosi negatif


Merasakan berbagai emosi negative seperti sedih, kecewa, dan marah, adalah hal yang normal. Nah, untuk bisa melewatinya, kamu perlu untuk mengenali dan mengakui perasaan tersebut.


Jika kamu sudah mampu mengenal dan mengakui emosi negatif yang sedang kamu alami, kamu perlu meredakannya dengan cara yang positif, misalnya dengan bermeditasi sambil ditemani dengan aromatherapy favorit kamu. Dengan begitu, emosi dan perasaan negatif tersebut tidak akan berlarut-larut dan membawa dampak buruk bagi kesehatanmu.


4. Tetapkan tujuan yang realistis


Menetapkan tujuan dan target sehari-hari maupun jangka pangjang dapat membuat hidupmu lebih terarah.  Namun, ingat. Tulis secara realistis serta sesuaikan dengan waktu dan beban tugas yang kamu miliki.


5. Sayangi tubuh sendiri


Kesehatan mental juga sangat bergantung pada caramu merawat dan menyayangi diri sendiri. Pastikan kamu cukup tidur dan mengonsumsi beragam makanan bergizi seimbang, seperti nasi, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan daging tanpa lemak.


Selain itu, jangan lupa untuk rutin berolahraga dan melakukan perawatan spa wellness. Hindari juga kebiasaan yang buruk, misalnya merokok, mengonsumsi minuman keras, atau menggunakan obat-obatan terlarang.


6. Pelihara hubungan yang baik dengan orang lain


Orang dengan hubungan sosial yang baik terbukti lebih mampu mengatasi stres dan memelihara kesehatan fisik maupun mentalnya. Oleh karena itu kamu perlu meluangkan waktu bersama dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat untuk memelihara hubungan dan kamu juga bisa mencoba mengikuti berbagai kegiatan baru.


7. Bantu orang lain


Membantu orang lain tidak hanya bermanfaat bagi orang yang kamu bantu, lho, tetapi juga membawa manfaat bagi diri sendiri.


Melakukan kegiatan sukarela atau beramal misalnya, dapat membuatmu merasa lebih baik dan lebih berguna dalam hidup. Selain itu, membantu orang lain juga bisa menghindarkan kamu dari rasa kesepian.


8.    Self-talk


Self-talk adalah ketika kamu berusaha untuk berbicara kepada diri sendiri mengenai apapun yang kamu rasakan. Afirmasi positif yang disampaikan saat self-talk mampu menurunkan beberapa risiko gangguan kesehatan mental.


Antara lain mengurangi kecemasan, menghilangkan persepsi negatif, dan memberi kesempatan untuk mengontrol diri.


Mulailah terapkan beragam cara menjaga kesehatan mental di atas ke dalam kehidupanmu sehari-hari.


Jadi, tunggu apalagi? Kami tunggu appointmentnya ya. ???? untuk me time dengan Gaya Spa Wellness, dengan klik linktr.ee/gayaspawellness dan kami siap melayani kamu